CIRI RUSAKNYA PART PADA PRINT EPSON L110, L210, L300, L350, L355, L360, L365

Assalmualikum warahmatullahi wabarakatu

Sahabat blogger  bagaimana kabar  semoga sehat selalu dan terima kasih atas kunjungannya. Printer merupakan hal utama untuk menentukan kwalitas hasil cetakan document tapi kadang menjengkelkan jika printer tersebut tidak bisa digunakan karena memiliki masalah serius atau sepele.

Ada beberapa orang hanya bisa menggunakan printer dan tidak mengetahui masalah jika printer tersebut error, setidaknya harus di rawat dengan baik supaya printernya awet.sahabat blogger jika terjadi error pada printer pasti sebagian besar sudah memahami part yang rusak, tapi bagaimana dengan yang belum memahami ciri kerusakan part pada printer epson type L110, L210, L300, L350, L355, L360, L365

      1. Roller

Ciri kerusakan part pada printer


Roller merupakan part penting, di printer tugas roller  adalah menarik kertas untuk satu persatu untuk di cetak, pada  epson type L terdapat 2 buah yaitu roller bawah yang letaknya di bawah kertas untuk dan satu  terdapat atas dengan fungsi mengatur kertas. Yang sering terjadi kerusakan dan butuh perhatian adalah roller bawah. Ciri ciri kerusakan pada roller adalah
a.   jika sekali mencetak kertas yang keluar banyak lembaran kertas, jika printer normal sekali mencetak satu lembar yang keluar.
b.   Jika mencetak roller tidak berputar berkali-kali baru kertas bisa keluar
c.   Jika mencetak kertas tidak bisa sama sekali bergerak.

2. Kabel head




kabel head atau kabel flexible fungsinya adalah transfer data dari mainboard ke head cartridge. Nah head cartridge yang mencetak sehingga ada goresan di kertas tersebut. Ciri kerusakan pada kabel head adalah:
a.   Tidak bisa mencetak di sebabkan bagian dari kabel head robek
b.   Lampu kertas dan tinta serta power berkedip secara bersamaan

      3.head cartridge




head cartridge fungsi utamanya mencetak hasilnya dari head cartridge merupakan hasil akhir dari print. Jika head cartridge terjadi kerusakan butuh waktu untuk memperbaikinya atau langsung di ganti. Ciri rusaknya head cartridge adalah hasil cetakan tidak sama sekali serta tulisan hasil cetak dobel tak bisa di baca. 

     4.Seleng  infus tinta




Rata-rata printer epson type L memiliki tabung tinta, fungsi selang mengalirkan tinta dari tabung ke cartridge. Kadang  selang infus tinta memiliki masalah  yang jarang di ketahui. Selang bisa bocor akibat di gigit tikus dan terjepit di casing  dan ciri kerusakan adalah hasil warna hasil cetakan tidak sempurna atau tidak bisa mencetak satu warna.

      5.Timing belt




Timing belt memiliki fungsi menggerakkan rumah head cartridge kalau yang satu ini mudah untuk mengetahui kerusakan ciri ciri rusaknya adalah rumah head cartridge tidak bisa bergerak sama sekali. Di sebabkan timing beltnya putus.

     6.Sensor encoder/strip




Sensor encoder letaknya di belakang rumah head cartridge, plastik tips ini memiliki fungsi mengatur gerak rumah head cartridge Sehingga bisa cepat gerakannya bisa lambat. Ciri kerusakan pada sensor Encoder gerak rumah head cartridge tidak normal selalu ke pinggir dan hasil printer bergaris.

     7.Mainboard




Mainboard  merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard, memiliki perang penting di printer karena main board merupakan mesin utama pada printer ciri kerusakan adalah printer tidak bisa mencetak dan printer mati total

     8.Power supply




Pencatu Daya (Inggris power supply) adalah sebuah peranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk peranti lain, terutama daya listrik Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain. Dan ciri krusakan adalah printer mati total.

Untuk mengganti part printer perlu di cek secara detail. Terkadang prediksi tidak sesuai karana part printer saling barkaintan satu dengan yang lain.  admin menulis berdasar pengalaman admin yang perna di alami.

Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk sahabat blogger silahkan di share kepada sahabat anda dan jika ada yang kurang dan perlu tambahkan silahkan komentar kami segera meperbaiki artikelnya.

Oke sahabat blogger terima kasih kunjugannya jangan lupa salam dengan keluarga. Salam jumpa di artikel berikutnya by admin





Share this

Related Posts

First

7 komentar

komentar
August 31, 2020 at 9:21 PM delete

Printer sy l120 hasil printer polos tdk ada hasil cetak sm skali itu knapa ya

Reply
avatar
September 21, 2020 at 2:35 AM delete

Coba cek tintanya gan atau slang infusnya.

Reply
avatar
December 16, 2020 at 8:39 PM delete

Kalo hasil sudah kabur dan berbayang, itu ciri² kerusakan di mn mas

Reply
avatar
January 12, 2021 at 5:54 AM delete

Mohon bantuan gan, printer sy L210, saat printer dinyalakan bagian scannernya itu jalan sampai pojok tidak balik lagi sampai nge hank kaya tidak normal

Reply
avatar
January 13, 2021 at 5:04 AM delete

jika print masalah pad scannernya. silahkan cek detail biasa ada kabel yang rusak, jika printer hasil cetaknya kabur cek di tinta atau selang infus tinta dan bisa juga di headcatrig.

Reply
avatar
March 12, 2021 at 6:56 PM delete

Printer saya L110 warna hitam tidak kluar ...pas di check chip nya rusak / mati chip utk control warn hitam...apakah ada chip KW nya di pasaran ? Soalnya yg ori mahal 950 ribu

Reply
avatar

Popular Posts